Selasa, 12 Februari 2013

TIPS BIKIN MOBIL DRIFT

 tips bikin mobil drift
Kompetisi drifting memang sedang booming baik di luar negeri maupun di Tanah Air. Sepertinya juga tahun 2013 mendatang adalah momentum kejayaan balap drift di Indonesia. Dari kabar yang beredar, ada beberapa kejuaran drift yang diselenggarakan oleh ikatan Motor Indonesia (IMI) termasuk Kejurnas.
Mobil Drift
Peluang tersebut tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Nah.. Bagi anak muda enerjik yang ingin membangun Mobil Drift dan berpartisipasi dalam balap drifting, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Mobil Drift

Pilih Mobil Dan Tentukan Budget

Pastikan Mobil Drift yang Anda bangun adalah berpenggerak roda belakang atau RWD yang familiar dan enak untuk modifikasi, seperti yang biasa dipakai di luar negeri. Caranya bisa lihat di forum-forum, sehingga mesin maupun mencari parts kompetisi lebih mudah.
Mobil Drift
Soal biaya, bila pasang target di kejuaran memang cukup mahal, namun Anda bisa memangkas biaya pada penentuan Mobil Drift. “Nissan Cefiro itu mobil yang murah dan sudah RWD. Di Jepang pun sudah biasa dipakai drift dan kompartemen mesinnya sudah mirip Nissan Skyline,” ucap Johan Fajito, drifter sekaligus pemilik gerai khusus barang-barang drifting.

Engine Swap Dan Kejar Power Yang Besar

Mesin dengan tenaga besar wajib diemban Mobil Drift. Beberapa alternatif mesin populer bisa Anda pilih seperti menggunakan mesin 1JZ atau 2JZ dari Toyota Supra, mesin RB25 atau RB26 dari Nissan Skyline, mesin SR20 dari Nissan Silvia, mesin 1UZ 8 silinder milik Toyota Soarer ataupun mesin LS milik Chevrolet.
Mobil Drift
“Pilihan mesin tersebut tergantung drifter mau karekter Mobil Drift seperti apa, misalnya mesin Supra memiliki horse power yang besar sedangkan mesin V8 memiliki torsi yang besar,” tambah Johan.
Mobil Drift
Untuk tenaga mesin, Johan menyarankan Mobil Drift idealnya kejar tenaga hingga 400-500 HP. Sebisa mungkin, mobil sampai hilang traksi di bagian roda belakang. “Caranya, modifikasi mesin seperti ganti turbo, piston, stang piston, injector, engine management, dan tingkatkan boost turbo,” katanya. Johan pun juga tidak mengharamkan memakai nitrous. “Jika turbo besar kemungkinan ada lag di putaran mesin bawah. Jadi pakai nitrous untuk mengejar putaran mesin di bawah,” tambah Johan.

Tingkatkan Kinerja Kaki-Kaki Hingga Membuat Super Angle

Untuk kaki-kaki Mobil Drift bisa tangguh melibas setiap tikungan di arena drift, piranti ini wajib digunakan pada seperti pasang suspensi coilover, adjustable arm, maupun limited slip differential yang bisa didapat di pasaran.
Mobil Drift
Yang juga sangat penting untuk Mobil Drift adalah melakukan modifikasi ‘super angle’, agar ban bisa belok lebih banyak. Super angle bisa sampai 60 derajat dengan cara modifikasi di bagian kaki-kaki seperti knuckle, terot, sampai  lower arm yang lebih panjang.
Mobil Drift
“Penggunaan velg dengan offset kecil, kalau bisa velg harus lebar. Fungsinya offset kecil agar bisa menggunakan brake kit yang besar serta velg akan keluar body, berarti ban bisa pakai yang lebih lebar jadi bisa mendapatkan traksi yang lebih pada bagian depan,” kata Johan.

Gunakan Roll Bar Dan Pangkas Bobot

Penggunaan roll bar wajib pada Mobil Drift untuk berkompetisi, dan yang terpenting roll bar tidak asal terpasang, tapi harus di-las dengan kuat. Tujuannya untuk keamanan selain itu membuat rigid sasis. “Standarnya bisa ikuti regulasi dari Formula Drift, karena sudah ada desain dan rumusnya, jadi tinggal diikuti saja,” ucap Johan.
Mobil Drift
Selanjutnya untuk Mobil Drift, bagian yang tidak perlu bisa dilepas bahkan dipotong. Atau bisa juga ganti bagian-bagian dengan bahan yang ringan seperti penggunaan serat fiber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar