Selasa, 05 Februari 2013

SEJARAH GROWL


                        SEJARAH GROWL

          Vokal Growl Pada Band Grindcore

OPINI | 02 June 2011 | 07:41 Dibaca: 1020   Komentar: 11   1 bermanfaat
Growl adalah salah satu teknik bernyanyi gahar, agresif,  dengan durasi teriakan yang cukup lama. Vokal growl terdengar seperti suara monster sehingga kadang menakutkan, bahkan banyak yang mengatakan seperti suara kematian di kuburan, yang kemudian disebut death vokal.
Growl pada umumnya dimiliki oleh para vokalis grindcore, aliran metal yang ekstrim. Dalam sebuah lagu grindcore kadang lirik vokal, isi yang dinyanyikan tidak terdengar jelas, bahkan vokal growl kadang hanya digunakan untuk pelengkap suara alat musik yang penuh distorsi dan dentuman.
Sejarah
Sebenarnya, jika dilihat dari sejarah dan perkembangannya, vokal growl sudah digunakan dari sejak tahun 1956an, yaitu oleh band Screamin’ Jay Hawkins dalam lagunya yang berjudul I put a spell on you. Kemudian pada tahun 1966, band who menggunakan vokal growl untuk lagu Boris the Spider.
Dalam perkembanganya kemudian, teknik growl ini mengalami beberapa penyesuaian menjadi berbagai tipe vokal growl, yang disesuaikan dengan karakteristik vokalis dan kebutuhan band. Pada umumnya penggunaan teknik growl ini berkembang dan digunakan oleh band metal yang akhirnya banyak digunakan band grindcore. Penggagas utama vokal growl untuk band metal adalah band Death, kemudian band possessed, Necrophagia dan Mater.
1980
Pada tahun 1980an band grindcore asala Inggris Raya, Napalm Death, memberikan sentuhan vokal growl yang lebih dalam dan lebih agresif. Jenis suara yang dikembangkan Napalm Death inilah yang kemudian dilestarikan oleh banyak band grindcore. Jenis lainnya yang juga dikembangkan adalah jenis vokal growl band Cannibal Corps, oleh vokalisnya Chris Barnes. Jenis ini memberikan sentuhan gelap dan kasar yang juga berkembang di kalangan band grindcore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar